Pages

Rabu, 08 Juli 2020

Segara Anakan Pulau Sempu PART 2

Malam itu kita tidur dengan sangat pulas. karena sudah capek sehabis trekking dengan medan yang lumayan menguras tenaga, tetapi tiba2 pada waktu tengah malam mirsa membangunkan kita. karena ada sesuatu yang aneh dengan air lautnya yang membuat kita terheran-heran. ada sesuatu yang menyala dengan warna biru kehijau-hijauan. ternyata itu adalah plankton yang membuat air laut menjadi menyala ke hijau-hijauan. sayangnya kita lupa buat ambil fotonya. yang penasaran silahkan googling ya. sepertinya ada pantai yang airlautnya menyala karena banyak plankton. kalo ga salah sih ada di maldives. xixixi

esok paginya hal yg pertama ada di pikiran kita adalah sarapan. perut udah mulai keroncongan. menunya tetep sama. INDO**MIE goreng. dan selama 2 hari ke depan menunya tetap sama. haha... mungkin ada yang bertanya-tanya.  biasanya kan pagi2 selalu ada panggilan alam (ke WC). hal itu udah kita antisipasi dengan meminum pil kina. sedikit info tentang pil ini. sebenarnya adalah obat anti malaria yang punya efek samping gak membuat kita PUP sampe kita balik ke malang lagi. recomended  deh buat yang suka kemping tapi gak rela buat ninggalin limbah organiknya di semak-semak.. haha

setelah perut kenyang lanjut berenaaaaangggg di pantai segara anakan yang airnya super jernih dan super dingin. terumbu karang disini lumayan bagus. ada ikan kecil2nya juga, konon katanya disini pernah jadi tempat rehabilitasi dan penanaman terumbu karang.

pasirnya yang halus sangat rekomended buat mainan. main pendem2an contohnya. dan saya pun jadi korban pertamanya. :D

spot-spot di pulau sempu sebenarnya ada banyak, tidak hanya di tempat ini saja. tetapi ada juga pantai-pantai alami lainnya yang masih belum terjamah para wisatawan. ada pantai kembar satu, kembar dua dan pantai pasir panjang. selain itu ada juga sumur tua yang bisa dijadikan tempat bilas sehabis berenang di pantai. meskipun airnya agak sedikit bau tapi masih oke lahh..

setelah puas main di pantai2 tadi dan bilas di sumur tua, kita kembali ke segara anakan dan terkejutlah kita yang melihat danau yang kering n gak ada airnya sama sekali..  airnya kemaanaaa ??
ternyata air lautnya sedang surut. terumbu karang yang tadinya ada di dalam semuanya muncul ke permukaan. trus ikan2nya pada kemana ??  entahlah, mungkin hanya tuhan yang bisa menjawab.  haha

Selasa, 27 Agustus 2013

Segara Anakan Pulau sempu. PART I

Iseng iseng ke Segara Anakan Pulau sempu. PART I
(memorial Trip Alm. Ujang)

Perjalanan ini saya lakukan sekitar 2 tahun yang lalu. berawal dari sebuah ide racun dari saya akhirnya saya dan ke 6  teman yang lain jating, mirsa, pepi, fikri, brori dan almarhum ujang, nekat berangkat ke pulau sempu, dengan bermodalkan uang dan bekal seadanya kita pun berangkat dari jember dengan menggunakan sepeda motor.

dari jember menuju malang kita mengambil rute jember - malang via lumajang dan piket nol. sebenarnya semua rombongan belum pernah ada yg lewat sana, tapi iseng-iseng ambil jalan ini itung-itung dapet view yg bagus juga kalo lewat jalur ini meskipun jalurnya lebih susah buat di lalui karena merupakan daerah pegunungan.

sekitar jam 8 malam kita sampai di kota malang dan bermalam di kontrakan jating di suhat. keesokan harinya kita lanjut menuju pantai sendang biru tempat penyebrangan menuju pulau sempu. sesampainya di sendang biru kita mempersiapkan segala perlengkapan yang sudah di bawa dan juga mengurus surat perijinan untuk menginap di pulau sempu. fikri salah seorang teman saya karena dialah orang malang asli dan sebelumnya sudah ke sempu jadi dia mendapat bagian untuk mengurus surat perijinan. lucunya di sini dia sempat kena marah salah seorang petugas gara-garanya pas dia ditanya sama petugas dia jawab tujuanny mau ke pulau sempu mau maen-maen disana. jelas aja petugasnya marah. cagar alam kok di buat tempat maen-maen .haha

akhirnya setelah perijinan beres kita pun menyebrang ke pulau sempu. setelah menyebrang sekitar 30 menit perjalanan dilanjutkan dengan trekking di dalam hutan. pada awalnya perjalanan berlangsung lancar, tapi karena daypack yg biasa di pake sehari-hari di isi 4 botol air 1,5 liter n barang2 n bahan makanan lainnya sampe tengah-tengah perjalanan pundak udah terasa pegel. belum lagi kita kesana bawa tenda prisma yg biasa di pake buat kemping anak pramuka. sebenernya tenda jenis ini gak pas kalo di bawa trekking karena selain volumenya yg terlalu besar dan tiang-tiang penyangganya yg berat, jadi berat kalo di bawa trekking dalam hutan apalagi treknya naik turun. jadi secara bergantian kita 2 orang bawa tendanya. kira-kira 1 jam perjalanan bibir danau segaara anakan sudah terlihat. gak sabar kita langsung lari menuju pantai. tapi di tengah-tengah perjalanan kita lihat ada sebuah batang pohon yang roboh, langsung saja kita jadikan tempat foto.

selang beberapa menit kemudian kita sampai di pinggir pantai dan langit sudah mulai gelap, dengan cepat kita langsung buat tenda tapi berhubung belum ada pengalaman buat tenda dan tenda prisma yg kita pake sebenernya gak cocok buat kemping di pantai jadinya tenda berhasil didirikan meskipun tidak dengan bentuk yg sewajarnya. setelah membuat tenda kita lanjut masak untuk makan malam dengan menu andalan mie instan pake telor asin dan sosis.

setelah kenyang kita lanjut tidur  .....................  berlanjut ke part 2

Rabu, 03 Agustus 2011

Sensasi Taman Nasional Alas Purwo

Perjalanan kita kali ini menuju Alas purwo letaknya di sebelah ujung timur pulau jawa. tepatnya di Daerah kabupaten banyuwangi sebelah selatan.

seperti biasa, perjalanan kali ini d mulai dari kota jember, dengan naik sepeda motor ke desa purwoharjo kecamatan benculuk banyuwangi. anggota tidak berbeda dari perjalanan sebelumnya, cuman kali ini di tambah dg dua sodara perempuan tmen saya. :) dan 2 bule cantik selalu menemani perjalanan saya dan teman-teman..

Meskipun naek mobil bak terbuka, tidak mengurangi semangat kita, gak perlu malu meskipun orang-orang ngeliatin trus selama perjalanan, maklumlah, anak-anak kota n ada dua bule dalam satu mobil bak terbuka... yang penting EnnNnnnjjooyyyy aaajjaaaa... :D

mobil bak terbuka ini biasa di buat ngangkut material bangungan, mumpung tokonya temenku ini lagi libur, jadi mobilnya bisa kita pinjem. dan sebagai ucapan rasa terima kasih . aku promosikan mobil ini di blogku. hohoho

perjalanan selama 2 jam harus di lalui, jalan becek bebatu berpasir. semua di lalui satu persatu. :)
mobil pick up tua renta dan bodynya udah sdikit reyot. n bunyi nyit-nyit kayak yang rodanya dah mau lepas, tapi tetep kokoh melalui jalanan itu,,
malah anggota regu yg gak kuat n mabuk di jalan..w kwkkwkwk

badanya gede tapi gak tahan banting, kena medan susah gitu langsung mutah-mutah.. wkwkwkwk...

untung dua teman buleku baik-baik aja, meskipun pastinya seumur hidup mereka gak penah naek mobil butut kayak begituan, tapi ku salut ma ketangguhan mereka.

Akhirnya sampai juga di Pantai Pancur, diberinama pantai pancur karena di pinggir pantai ada air yang mengalir seperti pancuran, orang-orang percaya khasiat air itu, air segar asli dari pegunungan. dan akupun gaK menyia-nyiakan kesempatan itu gitu aj, langsung ku teguk, dan rasanya bener-bener segerr,, !!!!

Setelah berlama-lama di pantai pancur, kita melanjutkan penjelajahan ke goa istana,
arahnya ke utara. menuju ke goa istana harus dilalui dengan jalan kaki. tidak bisa menggunakan kendaraan apapun.

perjalanan seperti itupun yang kami tempuh. demi menuju goa yang ukurannya sekitar 15x30 meter. goa yang cukup besar.
dinamakan goa istana karena terdapat singgasana besar di dalamnya. dan orang-orang percaya kalau goa itu merupakan singgasana keraan Jin.
Banyak sekali orang-orang yang melakukan ritual di dalamnya.

secara gak sengaja, pas waktu ngambil foto, ada Orbs di dalamnya.. hoohohohoho

setelah pulang dari goa istana tadi, kita istirahat sebentar dimushola di deket pantai pancur tadi. lumayan bagus musholanya.

setelah istirahat sebentar di mushola, kita ngelanjutin perjalanan ke habitat banteng liar di sabana alas purwo.. yang tempatnya gak begitu jauh dari alas purwo..
nih fotonya

dan foto-foto ini menjadi akhir perjalanan kami.
sampai jumpa pada posting-posting berikutnya yaphh.... see yhaaaaaa guyss...

Jumat, 20 Mei 2011

PULAU MERAH (RED ISLAND),BANYUWANGI

Halaman yang ini, bercerita tentang perjalanan saya dan teman2 yang selanjutnya,
perjalanan menuju Pulau Merah, yang terletak di selatan Kab.banyuwangi.

seperti biasa, perjalanan di mulai dari kota Jember, Naek Sepeda motor kearah timur, banyuwangi.
berangkat jam 6pagi, perjalanan yang cukup melelahkan.
perjalanan ini lebih spesial karena di perjalanan kali ini ada dua teman saya yang berasal dari luar eropa, Estonia dan polandia,,

sebelum menuju pulau merah, kita transit terlebih dahulu di rumah teman kami. di desa Benculuk. dari rumah itu perjalanan masih membutuhkan waktu sekitar satu jam lagi.

Jalan yang dilewati jalan aspal yang sudah sangat banyak lobang. sangat-menyusahkan.

untuk, akan sangat memudahkan bila menggunakan sepeda motor.
langsung saja, ini gambar2 waktu kita sedang berada di Pulau merah..

pantai pasir putih halus yang sangaaaattt luass,,,
masih belum terlalu terjamah, masih belum banyak orang yg mengetahui pantai wisata ini.

banyak di tumbuhi rumput, yang membuat suasana hijau di pinggir pantai..

really Fun !! bermain pasir di pinggir pantai.
oiya, jangan lupa membawa alas, karena tidak ada tempat duduk di pantai ini,. dan yang kita gunakan, adalah jas hujan serbaguna..

gambar kamera DSLR nikon teman saya,
pantai yang panjang, dan ombak yang sangat tenang, tidak kalah sama KUTA Beach yang ada di BALI...
oke, sekian Jalan-jalan rizal kali ini.. pasti masih berlanjut dengan CErita CErita selanjutnya..

dan foto spesial ini menjadi akhir dari perjalanan ini, ahahayy..